PENGERTIAN LINGKUNGAN BISNIS

PENGERTIAN LINGKUNGAN BISNIS
Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor – factor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (intern), namun juga dari luar (ekstern).
Oleh karena itu, lingkungan bisnis diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu  :
Lingkungan Internal Segala sesuatu di dalam orgnisasi / perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.
Lingkungan Eksternal Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan.
A. LINGKUNGAN INTERNAL
1.     Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :
2.     Tenaga kerja (Man)
3.     Modal (Money)
4.     Material / bahan baku (Material)
5.     Peralatan/perlengkapan produksi (Machine)
6.     Metode (Methods)
Lingkungan internal ini biasanya digunakan untuk menentukan Strength(kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui Weakness (kelemahan) perusahaan.
B. LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan eksternal dibagi menjadi 2, yaitu :
Lingkungan Mikro, dimana perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor – faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar).
Faktor–factor yang mempengaruhi : Pemerintah Pemegang saham (shareholders)
Kreditor
Pesaing Publik Perantara Pemasok Konsumen
Lingkungan Makro,dimana perusahaan hanya dapat merespon lingkungan di luar perusahaan.
Faktor–faktor yang mempengaruhi : Lingkungan ekonomi Lingkungan teknologi Lingkungan politik-hukum (pemerintahan) Lingkungan sosial kultur Lingkungan global Lingkungan bisnis Teknologi dan informasi
Selanjutnya, untuk mendalami bagaimana lingkungan bisnis dalam perusahaan, Anda dapat mendownload file presentasi yang berisi contoh analisa lingkungan internal dan eksternal perusahaan pada link di bawah ini




 
sumberdaya organisasi yang akan menentukan tingkatan tertinggi dalam pencapaiankinerja. Manajer yang baik paham bahwa pekerja yag berbakat dan rajin merupakan halsangat penting untuk keunggulan daya saing jangka panjang. Seorang manajer juga harusmembuat keputusan yang baik ketika merekrut dan menyeleksi pekerja dari sumber tenaga kerja, baik dari eksternal maupun internal.c.Aspek hukum-politik Segala upaya yang dilakukan manajer guna mengejar keunggulan daya saing harusdilakukan dengan cara-cara yang sesuai dengan harapan masyarakat, yaitu tetapmenjunjung etika dan tanggung jawab social, serta berada dalam kerangka hokum dan peraturan pemerintah yang mendukung harapan tersebut.Manajer juga dituntut untuk mengetahui berbagai peraturan perundang-undanganditingkat kabupaten, provinsi dan nasional termasuk badan-badan pemerintah terkait.Organisasi yang beroperasi secara internasional akan menghadapi komplikasi yang lebih besar karena hukum dan peraturan yang berlaku berbeda-beda dari satu Negara dengan Negara lain.d.Aspek tehknologiKini, kita hidup dan bekerja dalam abad tekhnologi informasi. Terlebih bagi paramanajer, penggunaan tehknologi dan informasi merupakan tema kunci keseharian.Computer dan tehknologi informasi terus memperluas pengaruhya pada prosesmanufacturing dan pelayanan. Orang yain bahwa keunggulan daya saing melaluitehknologi akan menjadi kunci pendorong bagi organisasi pada beberapa tahunmendatang.Harus diakui bahwa kemajua tehknologi yang pesat akan membawa berbagai perubahanyang berlanjut pada masyarakat luas. Sebagai manajer, karyawan dan konsumen kitaharus berupaya untuk terus mengikuti dan memahami setiap langkah perkembangan dan perubahan yang terjadi.e.Lingkungan alam
 
Isu-isu mengenai lingkungan menduduki peringkat kedua tertinggi pada prioritas socialsesudah pendidikan. Hasil survei menunjukan bahwa dunia usaha harus mengambil peranan aktif dalam membantu memecahkan permasalahan lingkungan yang kini dihadapi masyarakat dunia. Para pemimpin bisnis dan pemerintah yang berwawasan pogresive mengakui bahwa sejumlah besar besar industri di dunia mengandalkan sumber daya alam untuk basis produk yang dihasilkannya. Mereka mengerti besarnya potensiuntuk pemasaran hijau yang melibatkan penjualan produk-produk yang ramahlingkungan. 
 
BAB IIIPENUTUPA. Kesimpulan
Lingkungan bisnis memiliki dampak yang besar bagi jalannya operasional perusahaandan manajemen organisasi. Bagi seorang manajer hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan.Lingkungan yang terus berubah menuntut manajemen dan organisasi untuk selalu tanggap dan progressive.Begitu luas dan kopleksnya lingkungan yang dihadapi suatu perusahaan menuntut profesionalisme dari setiap sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan. Manajer harusselalu mengikuti arus kemoderenan, menguasai tekhnologi dan informasi agar dapat meraihkeunggulan kompetitif.Organisasi yang tidak mau terus-menerus belajar lambat laun akan mengelamikemunduran dan kematian akibat kalah dalam kompetisi persaingan memenuhi tuntutan pasar.
B. Saran
a.Suatu organisasi harus sadar dan memahami betul di mana posisi lingkungannya beradaagar siap dalam menghadapi berbagai tantangan dari luar  b.Lingkungan yang terus berubah harus dapat di manfaatkan oleh organisasi dalam meraihkeunggulan bersaing dengan mengambil setiap peluang yang ada dan memberikan nilaisuperior bagi konsumenc.Manajer organisasi haruslah orang yang menguasai tehknologi, informasi, dan bersediauntuk terus menerus belajar mengahadapi situasi baru. Karyawan yang semakin
 
heterogen harus diimbangi dengan kemampuan interpersonal yang baik dengan pendekatan yang tepat pada setiap individu.
Daftar Pustaka



Comments

Popular posts from this blog

AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK DI AMERIKA

BIAYA STANDAR : SUATU ALAT PENGENDALIAN MANAJERIAL

makalah manajemen aset daerah