PENGERTIAN LINGKUNGAN BISNIS
PENGERTIAN LINGKUNGAN BISNIS
Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi
aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor –
factor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (intern), namun
juga dari luar (ekstern).
Oleh
karena itu, lingkungan bisnis diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu :
Lingkungan
Internal Segala sesuatu di dalam orgnisasi /
perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.
Lingkungan Eksternal Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan
yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan.
A.
LINGKUNGAN INTERNAL
1.
Lingkungan
Internal dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :
2.
Tenaga
kerja (Man)
3.
Modal
(Money)
4.
Material
/ bahan baku (Material)
5.
Peralatan/perlengkapan
produksi (Machine)
6.
Metode
(Methods)
Lingkungan
internal ini biasanya digunakan untuk menentukan Strength(kekuatan) perusahaan,
dan juga mengetahui Weakness (kelemahan) perusahaan.
B.
LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan
eksternal dibagi menjadi 2, yaitu :
Lingkungan Mikro, dimana perusahaan dapat melakukan aksi –
reaksi terhadap faktor – faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga
Threat (ancaman dari luar).
Faktor–factor yang mempengaruhi : Pemerintah Pemegang saham (shareholders)
Kreditor Pesaing Publik Perantara Pemasok Konsumen
Kreditor Pesaing Publik Perantara Pemasok Konsumen
Lingkungan
Makro,dimana perusahaan hanya dapat merespon lingkungan di luar perusahaan.
Faktor–faktor
yang mempengaruhi : Lingkungan
ekonomi Lingkungan teknologi Lingkungan politik-hukum (pemerintahan) Lingkungan sosial kultur Lingkungan global Lingkungan bisnis Teknologi dan informasi
Selanjutnya,
untuk mendalami bagaimana lingkungan bisnis dalam perusahaan, Anda dapat
mendownload file presentasi yang berisi contoh analisa lingkungan internal dan
eksternal perusahaan pada link di bawah ini
sumberdaya organisasi yang akan menentukan tingkatan
tertinggi dalam pencapaiankinerja. Manajer yang baik paham bahwa pekerja yag
berbakat dan rajin merupakan halsangat
penting untuk keunggulan daya saing jangka panjang. Seorang manajer juga harusmembuat keputusan yang baik ketika merekrut dan
menyeleksi pekerja dari sumber tenaga kerja, baik dari eksternal
maupun internal.c.Aspek hukum-politik Segala upaya yang dilakukan manajer guna mengejar
keunggulan daya saing harusdilakukan
dengan cara-cara yang sesuai dengan harapan masyarakat, yaitu tetapmenjunjung etika dan tanggung jawab social, serta
berada dalam kerangka hokum dan peraturan pemerintah yang mendukung
harapan tersebut.Manajer juga dituntut untuk
mengetahui berbagai peraturan perundang-undanganditingkat kabupaten, provinsi dan nasional termasuk badan-badan
pemerintah terkait.Organisasi yang beroperasi secara internasional akan
menghadapi komplikasi yang lebih besar karena hukum dan peraturan yang
berlaku berbeda-beda dari satu Negara dengan Negara lain.d.Aspek tehknologiKini, kita hidup dan bekerja dalam abad tekhnologi informasi. Terlebih
bagi paramanajer, penggunaan tehknologi dan informasi merupakan tema kunci
keseharian.Computer dan tehknologi
informasi terus memperluas pengaruhya pada prosesmanufacturing dan pelayanan.
Orang yain bahwa keunggulan daya saing melaluitehknologi akan menjadi kunci
pendorong bagi organisasi pada beberapa tahunmendatang.Harus diakui
bahwa kemajua tehknologi yang pesat akan membawa berbagai perubahanyang berlanjut pada masyarakat luas. Sebagai
manajer, karyawan dan konsumen kitaharus berupaya untuk terus mengikuti
dan memahami setiap langkah perkembangan dan perubahan yang terjadi.e.Lingkungan alam
Isu-isu mengenai lingkungan menduduki peringkat kedua
tertinggi pada prioritas socialsesudah pendidikan. Hasil survei menunjukan bahwa dunia
usaha harus mengambil peranan
aktif dalam membantu memecahkan permasalahan lingkungan yang kini dihadapi masyarakat dunia. Para pemimpin bisnis dan
pemerintah yang berwawasan pogresive mengakui bahwa sejumlah besar
besar industri di dunia mengandalkan sumber daya alam untuk basis produk yang dihasilkannya. Mereka mengerti besarnya
potensiuntuk pemasaran hijau yang
melibatkan penjualan produk-produk yang ramahlingkungan.
BAB IIIPENUTUPA. Kesimpulan
Lingkungan bisnis memiliki dampak yang besar bagi jalannya
operasional perusahaandan manajemen organisasi. Bagi seorang manajer hal ini
menjadi peluang sekaligus tantangan.Lingkungan yang terus berubah menuntut
manajemen dan organisasi untuk selalu tanggap dan progressive.Begitu
luas dan kopleksnya lingkungan yang dihadapi suatu perusahaan menuntut profesionalisme
dari setiap sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan. Manajer harusselalu mengikuti arus kemoderenan, menguasai
tekhnologi dan informasi agar dapat meraihkeunggulan kompetitif.Organisasi yang tidak mau terus-menerus belajar
lambat laun akan mengelamikemunduran dan kematian akibat kalah dalam
kompetisi persaingan memenuhi tuntutan pasar.
B. Saran
a.Suatu organisasi harus sadar dan memahami betul di mana
posisi lingkungannya beradaagar
siap dalam menghadapi berbagai tantangan dari luar b.Lingkungan yang
terus berubah harus dapat di manfaatkan oleh organisasi dalam meraihkeunggulan bersaing dengan mengambil setiap peluang
yang ada dan memberikan nilaisuperior bagi konsumenc.Manajer organisasi haruslah orang yang menguasai
tehknologi, informasi, dan bersediauntuk
terus menerus belajar mengahadapi situasi baru. Karyawan yang semakin
heterogen harus diimbangi dengan kemampuan interpersonal
yang baik dengan pendekatan
yang tepat pada setiap individu.
Daftar Pustaka
Comments
Post a Comment