LINGKUNGAN SOSIAL

LINGKUNGAN SOSIAL


Lingkungan sosial adalah tempat dimana masyarakat saling berinteraksi dan melakukan sesuatu secara bersama-sama antar sesama maupun dengan lingkungannya. Lingkungan sosial terdiri dari beberapa tingkat. Tingkat yang paling awal adalah keluarga, dari keluarga kita diajari cara, sikap, dan sifat untuk berinteraksi dengan orang lain di dalam maupun di luar keluarga, contohnya berinteraksi dengan saudara jauh, tetangga dan orang-orang yang berada di lingkungan tempat tinggal kita.


Ada pula dari tingkatan tertinggi yaitu perkuliahan, didalam perkuliahan inipun ada organisasi-organisasi yang jangkauannya lebih luas dan kitapun diberikan kebebasan lebih untuk mengungkapkan pendapat kita ke dalam organisasi ini dan sebagai wadah untuk menyiapkan diri kita untuk terjun ke lingkungan masyarakat.
dimana kita bisa mengembangkan pelajaran bersosialisasi yang diberikan dari keluarga di rumah ke lingkungan , kita bisa berinteraksi dengan guru, teman-teman maupun pedagang yang menjajakkan jualannya di depan kampus. Di dalam ada organisasi yang bisa kita jadikan tempat untuk bersosialisasi lebih luas lagi seperti organisasi kelas yang terdiri dari ketua kelas, wakil ketua kelas, sekretaris, bendahara, para seksi-seksi pelengkap kelas, dan siswa kelas itu sendiri,


Lalu ada tingkatan saat kita berada di lingkungan kerja saat kita sudah mulai mandiri dan bisa menyumbangkan apresiasi dan ilmu kita ke dalam bidang perkerjaan yang sesuai dengan kriteria yang ada dalam diri kita, yang kita sukai dan tekuni. Lingkungan kerja adalah lingkungan yang akan mendekatkan kita ke lingkungan yang paling luas jangkuannya.


Tingkatan paling akhir adalah lingkungan masyarakat yang kita akan temui nanti saat kita sudah cukup siap dan dewasa untuk bisa terjun langkung ke dalamnya, kitapun akan bisa lebih mengetahui bagaimana sikap, sifat dan masalah-masalah di dalam lingkungan masyarakat yang saat kita berada di tingkat keluarga maupun sekolah belum kita temui dan kita bisa terjun langsung ke dalam masyarakat dengan bekal apa yang kita pelajari dari lingkungan sosial kita terdahulu yaitu keluarga dan sekolah.


dan juga dengan teman-teman di sekeliling kita .. bahwa kita tidak mungkin terlepas dari lingkungan sosial di mana harus secara tiap hari ketika kita buka mata dan amapia meutup maata kita mengenal lingkunga sosial dan bergaul .

Comments

Popular posts from this blog

AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK DI AMERIKA

BIAYA STANDAR : SUATU ALAT PENGENDALIAN MANAJERIAL

makalah manajemen aset daerah